Collector for ArcGIS, Mengumpulkan Data Spatial Menggunakan Ponsel Android atau iPhone

Posted on

Belum lama ini ESRI merilis aplikasi mobile ‘Collector for ArcGIS‘ yang akan memudahkan penggunanya untuk mengumpulkan data spasial di lapangan, cukup dengan menggunakan ponsel pintar dengan sistem operasi Android atau Apple iOS menggunakan perangkat iPhone/iPad.

Collector for ArcGIS

Dengan aplikasi mobile Collector for ArcGIS, Anda bisa mengumpulkan data spasial di lapangan dengan background peta (basemap) dari ArcGIS Online. Anda juga bisa menambahkan foto atau video pada obyek data spasial tersebut. Bahkan Anda bisa menambahkan informasi pada attribute data spasial tersebut melalui form yang sebelumnya telah dibuat melalui ArcGIS online sebelum pergi ke lapangan.

Fitur lainnya yang bermanfaat misalnya menemukan lokasi atau point of interest (POI) di sekitar lokasi survey serta mengukur jarak spasial serta mengukur luasannya.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang Collector for ArcGIS, Anda bisa mengikuti seminar online gratis yang diadakan ESRI sebelumnya (30 Mei 2013). Anda harus memiliki akun ESRI Global untuk dapat mengakses seminar tersebut. Kunjungi LINK INI untuk mengikuti seminar “Smartphone GIS: Capturing Data with Collector for ArcGIS“.

Baca Juga :   [Video Tutorial] Cara Import Data Vektor di GRASS GIS

Tersedia pula tutorial lengkap cara menggunakan Collector for ArcGIS dalam bentuk teks (berikut screenshot) di ArcGIS Resources. Tutorial tersebut mulai dari menyiapkan peta dasar (basemap) dari ArcGIS Online, konfigurasi form entry data di lapangan, setting kustomisasi aplikasi peta, hingga cara mengaplikasikannya di ponsel pintar Android atau iPhone yang telah di install aplikasi Collector for ArcGIS.

Download Aplikasi Mobile Collector for ArcGIS untuk Android

Download Aplikasi Mobile Collector for ArcGIS untuk iOS

Related Posts

One thought on “Collector for ArcGIS, Mengumpulkan Data Spatial Menggunakan Ponsel Android atau iPhone

Comments are closed.