Citra Satelit Sebelum dan Setelah Gempa Di Nepal

Posted on

Geotekno.com – Gempa 7,8 skala Richter yang mengguncang Nepal pada 25 April 2015 lalu, samapi saat ini telah menewaskan lebih dari 4000 jiwa. Guncangan gempa tersebut juga merusak beberapa bangunan kuil dan bangunan tua di Kathmandu Ibukota Nepal.

Berikut di bawah ini peta intensitas gempa, mulai dari pusat gempa hingga daerah disekitarnya. Ibukota Nepal, Kathmandu, yang berjarak kurang dari 100 km dari pusat gempa, mengalami banyak kerusakan dan korban jiwa.

a d v e r t i s e m e n t
Gempa Nepal USGS
Peta Intensitas Gempa yang terjadi di Nepal (USGS, OCHA)

Before After Gempa Nepal

Gambar diatas adalah foto sebelum dan sesudah gempa di Durbar Square, Kathmandu. Tampak sebuah kuil telah hancur akibat gempa tersebut. Dibawah ini adalah citra satelit Digital Globe yang membandingkan keadaan sebelum gempa pada Oktober 2014 di Durbar Square, Kathmandu.

Digital Globe Durbar Square Oktober 2014

Bandingkan dengan citra satelit dari Digital Globe tanggal 27 April 2015 di bawah ini , di lokasi yang sama, tampak kuil pada foto diatas hancur setelah di guncang gempa (kanan atas).

Digital Globe Durbar Square 27 April 2015

 

Digital Globe Kathmandu 13 Februari 2013
Citra Satelit Digital Globe Durbar Square, Kathmandu Tanggal 13 Februari 2013
Digital Globe Kathmandu 27 April 2015
Citra Satelit Digital Globe Durbar Square, Kathmandu Tanggal 27 April 2015

Dibawah ini adalah dua citra satelit yang menbandingkan keadaan di sebuah stadion di Kathmandu sebelum gempa (sebelah kiri) dan pasca gempa (sebelah kanan) dimana tampak stadion tersebut menjadi tempat pengungsian.


Stadion di Kathmandu Sebelum dan Sesudah Gempa Nepal

Citra satelit dibawah ini dari UNITAR, CNES, yang memperlihatkan menara Dhahara sebelum dan sesudah gempa di Nepal. Menara setinggi 60 meter yang dibangun sejak 1832 itu tampak runtuh dan hancur.

Dhahara Tower Sebelum dan Sesudah Gempa Nepal

a d v e r t i s e m e n t

Related Posts