Cara Melakukan Georeference Data Raster di gvSIG

Posted on

gvsig-logogvSIG merupakan salah satu GIS Open Source yang mudah penggunaannya, karena antar muka yang hampir mirip dengan ArcView 3.x Sebagai software GIS, fitur yang dimiliki oleh gvSIG juga cukup lengkap seperti kemampuan untuk melakukan georeference data raster.

Software GIS open source gvSIG bisa di manfaatkan untuk melakukan georeference data raster maupun data image hasil scan agar data tersebut memiliki koordinat bumi agar bisa di overlaykan dengan data GIS lainnya.

georeference data raster gvsig

Tool di gvSIG untuk melakukan georeference data raster disebut Georeferencing. Konsep transformasi data raster dari not projected menjadi projected data sama dengan software GIS lainnya termasuk ArcGIS ataupun ArcView.  Anda bisa menggunakan acuan dari data yang sudah ber-koordinat bumi (raster maupun vektor) untuk menentukan GCP (ground control points) pada data raster yang akan di proyeksikan menjadi data yang memiliki koordinat bumi.

Untuk lebih jelasnya cara melakukan georeference data raster di gvSIG, Anda bisa mengikuti panduan dari video berikut :


Atau Anda bisa download tutorial dari http://dominoc925.blogspot.com.br yang sudah saya PDF-kan melalui link ini (Google Docs)

Baca Juga :   Membuat Desain Peta dan Web Mapping Menggunakan TileMill

Related Posts