Buku – Bunga Rampai Penginderaan Jauh Indonesia

Posted on

Ketut Wikantika dan Lissa Fajri dari Pusat Penginderaan Jauh Institut Teknologi Bandung telah menerbitkan buku “Bunga Rampai Penginderaan Jauh 2011″. Buku yang rencananya akan diterbitkan setiap tahun tersebut merupakan kumpulan makalah kontribusi dari rekan-rekan peneliti, dosen, pemerhati, pemakai, mahasiswa dan siapapun yang ingin berbagi dalam pemakaian dan pengembangan teknologi penginderaan jauh di Indonesia.

Dalam tulisan sekapur sirih di buku tersebut, Ketut Wikantika menegaskan perlunya pemimpin berpengetahun geospasial serta kesadaran geospasial (geospatial awareness). Kesadaran geospasial tersebut sebenarnya mulai terbangun saat gempa dahsyat dan tsunami menerjang Aceh pada akhir 2004 lalu. Peristiwa tersebut menyadarkan akan pentingnya data dan informasi geospasial. Teknologi penginderaan jauh merupakan salah satu teknologi pengumpulan data geospasial yang cepat dengan akurasi yang tinggi.

Beberapa contoh daftar judul makalah yang terdapat di buku “Bunga Rampai Penginderaan Jauh 2011″ diantaranya adalah:

  • Perkembangan Radar dalam Penginderaan Jauh
  • Pengembangan Sistem Penjejak Ikan Cerdas (Intelligent Fish Tracker)
  • Aplikasi Indraja untuk deteksi kekeringan di Jawa terkait aktivitas Enso dan Iod
  • Perhitungan stok karbon berdasarkan NDVI di Cekungan Bandung
  • LiDAR untuk pemodelan Kota Tiga Dimensi
Baca Juga :   Citra Satelit Sebelum dan Sesudah Badai Angin Topan Haiyan di Tacloban Filipina

Anda bisa download gratis buku tersebut dalam format PDF terproteksi (181 halaman; 8.4 MB) di situs RSGISForum di laman ini.

Related Posts