Berkunjung Ke Masjidil Haram Secara Virtual Melalui Google Maps

Posted on

Geotekno.com – 5 Bangunan masjid masyur di dunia, bisa dikunjungi secara virtual melalui Google Maps. Kelima masjid tersebut bisa kita kunjungi menggunakan fitur Street View dengan tampilan photosphere.

Masjidil Haram Google Maps
Capture Masjidil Haram dari Google Maps Street View

 

Berikut 5 masjid ternama di dunia yang kita kunjungi secara virtual dari depan komputer.

a d v e r t i s e m e n t

1. Masjidil Aqsa

Masjidil Aqsa merupakan lokasi saat Nabi Muhammad SAW melakukan Mi’raj ke Sidratul Muntaha. Al Aqsa dalam photosphere ini adalah kubah berwarna abu-abu perak. Area ini bernama Haram Al-Sharif di Jerusalem tempat dimana dua bangunan ikonik umat muslim. Namun Dome of The Rock lebih mudah dikenali dengan kubah emasnya.

2. Masjidil Haram

Tercatat 1,5 juta umat muslim melakukan sholat tarawih di Masjidil Haram di awal Ramadhan tahun ini. Keutamaan beribadah di masjid suci ini menjadi dorongan umat muslim di seluruh dunia  menjalani puasa dan menunaikan tarawih setiap malamnya di Mekah

Photosphere ini menampilkan Masjidil Haram dari lantai atas, dengan pemandangan jamaah di seputar Kabah.



3. Masjid Nabawi

Selain Mekah, umat muslim seluruh dunia juga mengunjungi Masjid Nabawi di Kota Madinah pada bulan Ramadhan ini. Para jamaah ingin melaksanakan tarawih berjamaah di masjid yang berdekatan dengan kompleks makam Nabi Muhammad SAW tersebut.

Photosphere ini menampilkan area terbuka Masjid Nabawi yang terkenal dengan payung-payungnya yang bisa terbuka dan tertutup.



4. Masjid Sultan Ahmed

Masjid Sultan Ahmed adalah salah satu masjid dengan arsitektur terindah yang pernah di bangun. Masjid ini adalah peninggalan kekhalifan Islam dari kesultanan Ottoman di Turki. Masjid yang terkenal dengan sebutan Masjid Biru ini berada dengan area yang sama dengan Hagia Sofia, bangunana bersejarah lainnya di Turki.

Photosphere ini menampilkan Masjid Sultan Ahmed. Hagia Sofia juga tampak dalam photosphere ini namun dari kejauhan.



5. Taj Mahal

Bangunan utama Taj Mahal memang tidak difungsikan sebagai masjid untuk sholat berjamaah. Masjid yang sebenarnya berada di sisi bangunan utama seperti tampak pada Street View berikut ini.

a d v e r t i s e m e n t