Aplikasi GIS dan Remote Sensing untuk Pemetaan Mangrove

Posted on

GeoTekno.com kembali membagi tutorial yang kali ini membahas aplikasi GIS dan Remote Sensing untuk pemetaan mangrove yang di buat oleh Mas Aji Putra Perdana. Tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda cara melakukan identifikasi ekosistem mangrove dan pemetaan kerapatan mangrove dari data citra satelit.

Citra satelit yang digunakan dalam tutorial aplikasi GIS dan Remote Sensing untuk pemetaan mangrove ini adalah citra Landsat. Citra satelit sumber daya alam tersebut bisa di download gratis untuk kajian dengan rentang waktu tertentu. Anda bisa menggunakan EarthExplorer untuk download data citra Landsat secara gratis atau mengunjungi situs http://www.glcf.umd.edu/data/landsat atau http://glovis.usgs.edu.

Hasil akhir untuk studi kasus dalam aplikasi GIS dan Remote Sensing ini adalah peta kerapatan vegetasi pada ekosistem mangrove daerah Karimunjawa, Jawa Tengah. Software GIS yang digunakan adalah ArcGIS sementara software untuk melakukan processing citra satelit Landsat adalah ENVI.

Langkah kerja mulai pengecekan data citra satelit landsat, cara melakukan koreksi citra (radiometrik dan geometrik), komposit citra di ENVI kemudian interpretasi visual mangrove menggunakan ArcGIS hingga menghasilkan peta kerapatan vegetasi pada ekosistem mangrove bisa Anda download di bawah ini.

Baca Juga :   Lebih Mudah Membuat Kontur dari Google Earth Menggunakan SketchUp

GIS and Remote Sensing for Mangrove Mapping

Related Posts