Analisa Hidrologi Menentukan Batas DAS Menggunakan ILWIS

Posted on

Daerah Aliran Sungai disingkat DAS ialah istilah geografi mengenai sebatang sungai, anak sungai dan area tanah yang dipengaruhinya [Wikipedia]. Menentukan batas DAS bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan data Digital Elevation Model (DEM) SRTM dan software GIS.

watershed

Analisa hidrologi menentukan batas DAS bisa dilakukan menggunakan Free and Open Source Software Geographical Information System (FOSS GIS). Software GIS yang digunakan untuk melakukan analisa adalah ILWIS (Integrated Land and Water Information System).

Ada delapan tahapan untuk melakukan analisa hidrologi menentukan batas DAS menggunakan ILWIS. Ke delapan tahapan tersebut adalah :

1. DEM Visualization
2. Fill Sinks
3. Flow Directions
4. Flow Accumulation
5. Drainage Network Extraction
6. Drainage Network Ordering
7. Catchment Extraction

Langkah-langkah detail tahapan analisa hidrologi menentukan batas DAS menggunakan ILWIS tersebut, lengkap dengan screenshot-nya bisa Anda peroleh dari Modul FOSS GIS – Tutorial Dasar Aplikasi ILWIS 3.6 yang dibuat oleh Adipandang Yudono. Anda bisa download Modul FOSS GIS tersebut melalui link ini.

Iilwis3.8LWIS sendiri saat artikel ini ditulis tersedia dalam versi 3.8. Meski begitu, tahapan langkah analisa hidrologi penentuan batas DAS tersebut masih relevan untuk di ikuti. Bagi Anda yang baru saja mengenal ILWIS, modul tersebut bisa Anda gunakan untuk mulai belajar ILWIS karena membahas dari dasar pengoperasian software.

Baca juga : Buku Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh Menggunakan ILWIS Open Source

Selamat belajar, semoga bermanfaat.

Baca Juga :   Konversi TIN to Slope yang Menghasilkan Kelas Lereng dalam Format SHP

Related Posts