Analisa Data LiDAR di ArcGIS 10.1

Posted on

LiDAR in ArcGIS 10.1ArcGIS 10.1 yang rencananya akan dirilis awal tahun 2012 menyertakan satu tool yang baru yaitu kemampuan untuk menampilkan, melakukan updating dan analisa data LiDAR (light detection and ranging) dengan format file *.LAS.  Anda bisa membaca tentang LiDAR pada postingan GeoTekno sebelumnya tentang mempelajari prinsip data LiDAR. Format file dengan extension LAS sendiri sebenarnya adalah format interchange sebagai alternatif ASCII (*.ASC) yang saat ini telah banyak digunakan.

lidar structures

Format dengan ekstension *.LAS untuk data LiDAR mampu memperkecil ukuran file hingga 35% – 80%  jika dikomparasikan dengan  ASCII file.  Keuntungannya tentu saja pada kecepatan komputer untuk membuka dan memproses file *.LAS tersebut. Presentasi penggunaan data LiDAR di ArcGIS 10.1 bisa dilihat pada video di bawah ini yang di presentasikan pada saat ESRI User Conference bulan Juli 2011 lalu.

Jika Anda pengguna ArcGIS 9.x atau  ArcGIS 10 yang ingin bisa menampilkan data LiDAR dalam format LAS, bisa menggunakan utility gratis dari GeoCue yang diberi nama LAS Reader for ArcGIS.

Baca Juga :   Auto Complete Freehand Construction Tool : Tool Editing Baru di ArcGIS 10

Download LAS Reader for ArcGIS disini

Related Posts

One thought on “Analisa Data LiDAR di ArcGIS 10.1

Comments are closed.